10/19/2009

Tools WIFI

1. Menghack

a. CowPatty
Software ini menggunakan metode brute force untuk membuka WPA-PSK, yang mana PSK sendiri dianggap sebagai WEP baru unrtuk keamanan sekuriti wireless di rumah.Progam ini mencoba beberapa dari berbagai pilihan yang berasal dari file dictionary apakah ada yang sesuai dengan apa yang digunakan sebagai kunci tersebut

b. ASLeap
jika ada jaringan yang menggunakan LEAP, alat ini bisa digunakan untuk mencari data semacam username dan password yang sedang online di jaringan, dan mengoverride akses pemiliknya.LEAP tidak memproteksi proses tersebut seperti EAP, yang mana itu menjadi kelemahan utama bagi LEAP.

Mengendus atau mencuri Data Wireless

Tidak peduli apakah anda terkoneksi langsung ke jaringan wireless atau tidak,, jika ada jaringan wireless di dalam daerah dekat anda, selalu ada data yang lewat di dalam jaringan kapan pun itu. Untuk mengambil data itu, anda perlu peralatan untuk mengambil atau melihat data tersebut.

c. Wireshark (pendahulu Ethereal)
dimana masih terjadi perdebatan bagaimana cara ynag tercepat dalam menyikapi program ini, tidak ada keraguan lagi bahwa software ini sangat berguna. ia dapat mencari jaringan wireless yang ada lengkap dengan info sekuriti. software ini dapat mecuri data dari 802.11 manajemen hotspot dan bisa juga digunakan sebagai alat untuk mencari hotspot yang tidak memproteksi dirinya dengan SSID.

d. SwitchSniffer
Software ini adalah program yang bisa mencari user yang aktif di jaringan switch LAN dan dapat mengambil seluruh packet data tanpa persetujuan user yang bersangkutan, software ini juga dapat mendeteksi program arpspoofer sedang berjalan dan membokir sesi pertahanan semacam firewal. jika anda menggabungkan program ini dengan program sniffer yang lain, anda dapat melihat dan mengambil id user dan password dari user lain di dalam jaringan anda.

beberapa tool bisa dilihati di hack wifi

2. Pencegahan

Memang memakai jaringan hotspot Wi-Fi untuk membagi koneksi surfing internet di rumah cukup mengasyikkan, tidak perlu narik kabel panjang-panjang, cukup dengan wireless router dan sedikit konfigurasi, kita bisa membagi koneksi ke siapa pun juga. Jika kamu sering menggunakan jaringan terbuka alias open network karena client-clientmu hanya kamar-kamar di rumah dengan cakupan sinyal yang tidak kuat, tentunya ada satu permasalahan yang perlu dipertimbangkan yaitu keamanan jaringan atau network itu sendiri.

Memang konsekuensi yang paling sederhana adalah koneksi kita bisa dipakai oleh tetangga. Ya, mungkin anda orang yg cukup dermawan / murah hati. Tapi kalau tetangga anda reseh, gmn? Mungkin dia ingin mengintrusi server jaringan, melakukan cracking terhadap komputermu, mencuri password, masuk ke system untuk bobol data? Itu yang mesti diperhitungkan. Kalau ga hati-hati, dia bisa nanamin utility kecil untuk spoofing networkmu.

Untuk mencegah hal itu supaya kita dapat memantau jaringan hotspot wi-fi kita, kita bisa menggunakan software / “peralatan” bernama AirSnare. Airsnare, kita akan bisa memonitoring, memberikan warning, memproteksi secara dini adanya paket-paket data yang bermasalah. Mungkin adanya MAC address yg tidak “bersahabat” atau kiriman DHCP yang tidak diinginkan, maka AirSnare dapat memberitahukan kita secara cepat.Bisa di donload di Proteck WIFI

Tidak ada komentar: